Web Browser

By Labels: at

 Assalamu’alaikum Wr. Wb

Pengatar

Hai bagaimana kabar? Semoga baik-baik saja ya teman-teman. Untuk melanjutkan artikel yang pernah saya bahas yaitu Text Editor, dan Artikel ini m
asih terkait yaitu tentang Web Browser. Apakah ada yang sudah pernah dengar web browser? Atau sudah ada yang pernah coba menggunakan web browser.

Saya yakin banyak dari teman-teman pasti tau web browser...yaps salah satunya adalah Google Crome yang sering digunakan untuk browsing di internet. Tapi apakah teman-teman tau web browser selain Google Crome?

Web Browser

Gambar 1 Web Browser
 

Web Browser adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mencari, mengakses dan menampilkan halaman web, terutama situs-situs website dan konten lain di internet. Web Browser terdiri dari dua kata bahasa inggris yaitu ‘web’ artinya merupakan singkatan dari website yaitu halaman situs yang ada di jaringan internet, sedangkan ‘browser’ yang dapat diartikan sebagai media penjelajah (software).

Web browser awalnya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar, video, suara, dan dokumen, tidak secanggir web browser sekarang, sering waktu berjalan web browser berkembang dengan pesat yang dimana awalnya hanya bisa menampilkan teks saja, namun sekarang bisa menampilkan atau menjalankan video, suara, dokumen, bahkan bisa mengirim dan menerima email.

Pengertian web browser menurut Wikipedia adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai sumber informasi yang ada didalam jaringan internet (world wide web). Sumber-sumber informasi terdiri dari berbagai macam bentuk seperti, teks, dokumen, video, suara, dan bahkan email.

Fungsi Web Browser

Beberapa fungsi dari web browser yang serin digunakan untuk mencari informasi di internet, diantaranya :

  • Membuka Halaman Website
    • Dimana web browser digunakan untuk membuka suatu halam website di internet.
    •  
  • Memastikan Keamanan Suatu Website
    • Dalam mencari informasi atau artikel di internetnya banyak sumbernya, dan web browser memastikan keamanan di pengguna internet dan atikel yang dicari dengan melakukan proses verifikasi (authetication) pada sebuah laman website.
    •  
  • Mendukung Permintaan Data
  •  
  • Mengumpulkan Data dan Memasitikan Tampilan
  •  
  • Mendukung Penggunaan Mesin Pencari
  •  
  • Menerjemahkan Script Menjadi Tampilan Yang Menarik
  •  
  • Dan lain-lain

 

Tujuan Web Browser

Tujuan dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna, baik informasi yang berupa teks, gambar, suara, video, atau pun dokumen seperti doc, exe, pdf, dan lain-lain.

Sejarah Web Browser

Perkembangan internet di ikuti dengan teknologi yang semakin canggih, dan begitu juga dengan web browser yang terus berkembang dengan cepat dan sangat bermanfaat untuk penggunanya. Sebenarnya  web browser sudah mulai dikembangkan pada era tahun 80an. Pada tahun 80an Tim Berners Lee adalah seorang ilmuwan fisika yang berasal dari inggris. 
 
Akhirnya pada tahun 1991 Tim Berners Lee meluncurkan browser pertamanya. Tim yang dipimpin oleh Berners Lee, Bapak Internet, adalah yang menemukan internet pertama kalinya di dunia pada tahun 1991 di CERN (Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire) atau terjemahan bebasnya: Komisi Eropa untuk Penelitian Fisika Nuklir. Terletak di perbatasan Swiss dan Perancis terbentuk pada tahun 1954. 
 
Tim Berners Lee menemukan sebuah dunia internet yang teraktif. Sasaranya kalangan teknik dan informatika. Browser menjadi tool untuk manajemen ilmu pengetahuan. Lahirnya web 2.0 mengembalikan internet ke fungsi awalnya serta menjadikannya lebih interaktif. Alat yang pertama kali digunakan unutk melakukan pencarian melalui internet “Archie”. Diciptakan tahun 1990 oleh Alan Emtage, seorang siswa dari Universitas Megill di Montreal.  
 
Program tersebut mendownload daftar direktori dari semua file dan ditempatkan pada alamat FTP, menciptakan suatu filename database yang bisa dicari. Jika program Archie meng-index file komputer, “Gopher” meng-index teks dokumen. Gopher diciptakan pada tahun 1991 oleh Mark Mccahil di Universitas Minnesora. Karena berbentuk file teks, hampir semua situs gopher menjadi website setelah terciptanya World Wide Web. 
 
Program yang lainnya yaitu “Veronica” dan “Jughead”, yang berfungsi untuk mencari file yang disimpan di dalam sistem index Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archiver) menyediakan pencarian dengan menggunaan kata kunci di menu judul dalam seluruh daftar Gopher, Jughead (Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavition And Display) adalah suatu alat untuk memperoleh menu informasi dari beberapa jenis Gopher server.  
 
Tahun 1993, Marc Andreessen, seorang mahasiswa Universitas Illinois, menciptakan web browser berbaris grafik yang diberikan nama Mosaic. Mosaic mampu menampilkan dokumen grafis dengan menggunakan user interface (tampilan) grafis. Penggunaan interface grafis ini dengan menggunakan user interface (tampilan) grafis. Penggunaan interface grafis ini mempermudah penggunaan web browser dan penampilan file HTML yang menjadi lebih baik, yang pada akhirnya memberikan kontribusi untuk semakin cepatnya perkembangan Internet. Selanjutnya Marc Andreessen menjadi salah satu pendiri Netscape, perusahaan pembuat web browser Netscape Navigator. 
 
Setelah itu, banyak search engine yang bermunculan dan saling berlomba untuk mendapatkan ketenaran. Diantaranya Excite, Infosee, Inktomim, Northern Light, dan AltaVista, dan masih banyak yang web browser untuk meramaikan. 
 
Artikel Ini dikutip buku ebook : Etika Profesi Komputer

Macam-macam Web Browser

Teman-teman pernah mencari hal-hal yang tidak diketahui seperti sejarah, biografi, atau tutorial pasti menggunakan internet untuk berselancar untuk mendapatkan informasi yang berkaitan, tetapi teman-teman taukah ada banyak macam-macam web browser yang berada saat ini, mari kita bahas satu persatu, yaitu :
 
  • Google Chrome  
  •  
    Gambar 2 Google Chrome

Siapa yang tidak kenal si Google? Pasti tau semua kan !, yaps salah satu raksasa perusahaan internet ini mempunyai search engine yaitu Google Crome. Google Crome adalah satu web browser yang saat ini banyak dipakai untuk mencarai informasi-informasi di internet.
 
Versi beta pertama Google Chrome lahir pada 2 September 2008, empat setelah berita pertama soal pengembangan aplikasi browser oleh Google merebak. Di versi awal ini Google masih menggunakan mesin rendering Webkit dan baru tersedia untuk perangkat Windows XP. Beberapa bulan mengembara di fase beta, pada 11 Desember 2008 Google resmi merilis Chrome ke publik. 
 
Proyek open source yang digunakan oleh Google disebut Chromium, menggunakan mesin rendering webkit sampai dengan versi 27 dan dirancang untuk bekerja dengan kecepatan di atas rata-rata namun tetap ringan dijalankan diperangkat desktop dan mobile.
 
Google Chrome juga sudah terintegrasi dengan produk Google lainnya. Itu karena Google Chrome sendiri adalah buatan dari raksasa Google. Selain itu, Google Chrome juga termasuk web browser yang paling aman dibandingkan dengan web browser lain.
 
Web browser ini juga memiliki kemampuan lebih dalam hal kecepatan loading website. Website yang dibuka melalui Google Chrome akan lebih cepat. Tetapi, Google Chrome juga memiliki kelemahan, yaitu bisa menghabiskan banyak memori. Jadi kalau Anda memberikan banyak perintah kepada Google Chrome, maka akan sangat boros memori.
 
Web browser Google Chrome banyak dipakai di handphone yang ngingklut dengan sistem android, yang dipunyai perusahaan Google.    

 

  • Safari
  •  
    Gambar 3 Safari

Apakah teman-teman ada yang menggunakan Apple?, kalau ada web browser ini adalah web browser yang di peruntukan untuk pengguna Apple yaitu Safari. Web browser ini diciptakan oleh Apple Inc. Web browser ini sebagai kompetitor terbesar Android, Safari bisa digunakan di perangkat Laptop Apple dan Handphone Apple.

Safari adalah pelopor dalam beberapa bidang kemampuan browser: Misalnya, itu adalah yang pertama dengan mode Reading, yang membersihkan kekacauan yang tidak perlu seperti iklan dan video dari artikel web yang ingin Anda baca. Fitur itu memulai debutnya pada tahun 2010 dan telah masuk ke semua browser lain kecuali untuk Chrome.

Ada beberapa keuntungan bila menggunakan browser safari seperti Nitro Enggine dalam sistem safari versi terbaru menjadi web browser ini lebih cepat dalam mengolah data. Selain itu pengelolaan aplikasi Java yang terdapat pada suatu laman pun akan menjadi lebih cepat. Menurut klaim mereka, bahkan Safari mampu mengolah aplikasi tersebut sebanyak 8x lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi peramban serupa yang lain. 

 

  • Mozilla Firefox
  •  
    Gambar 4 Mozilla Firefox

adalah pemuda jenius yang menciptakan Mozilla, fasilitas penjelajah internet. Mozilla diluncurkan untuk umum pada November 2004. Saat itu, usia Blake baru 19 tahun. Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt. Maka, setelah itu, namanya menjadi Mozilla Firefox.

Dengan cepat, Mozilla Firefox diterima para pengguna internet di dunia. Ia, antara lain, dinilai lebih aman dan mudah dipakai (dibandingkan dengan para kompetitornya). Ia juga dinilai mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer.

Banyak orang memuji kesuksesan Blake RossDirektur engineering Yayasan Mozilla, Chris Hoffman, mengatakan, “Dalam dunia ‘Open Source’, posisi seseorang tergantung pada keahliannya. Dan Blake Ross memiliki semua keahlian yang dibutuhkan.” 

Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser yang banyak digandrungi oleh pengguna internet, karena performanya yang baik, pekembanganya pun cukup pesat, dan kelebihan Firefox memiliki keamanan browser yang lebih ampuh dari browser lainnya, ditambah dengan adanya fitur add on yang sangat banyak dan bisa dikembangakna terus-menerus secara intens atau berkala. 

 

  • Microsoft Edge
  •  
    Gambar 5 Microsoft Edge

Microsfot Edge awal dikembangkan di bawah nama Project Spartan adalah perambatan web yang dikembangkan oleh Microsoft dan termasuk dalam sistem operasi Windows. Resmi dirilis pada tanggal 29 Juli 2015, peramban ini menggantikan Internet Explorer. Microsoft Edge dirancang untuk menjadi peramban web yan ringan dengan mesin tata letak yang dibangun di sekitar standar web.

Beberapa fitur yang dimiliki Microsoft Edge sebagai berikut :

      • World-class performance
        • Mendapatkan semuanya dengan Microsoft Edge baru — kinerja, kompatibilitas, dan kecepatan untuk menjadikan penjelajahan web lebih mudah.
        •  
      • More privacy & control
        • Microsoft Edge baru memiliki fitur bawaan yang dirancang untuk memberi Anda kontrol lebih besar atas data Anda dan untuk melindungi privasi Anda secara online.
        •  
      • More productivity
        • Microsoft Edge baru hadir lengkap dengan fitur yang dirancang untuk menyesuaikan pengalaman browsing Anda dan untuk membuat Anda lebih produktif.
        •  
      • More value
        • Saat Anda Memberi dengan Bing* melalui Microsoft Rewards, pencarian Anda akan mendapatkan poin yang secara otomatis disumbangkan ke tujuan pilihan Anda.

 

  • Internet Explorer
  •  
    Gambar 6 Internet Explorer

Siapa yang tidak kenal salah web browser yang pernah bejaya pada masanya, yaitu Internet Explorer. Internet Explorer merupakan salah satu browser yang lama berkiprah di dunia digital, pertama kali muncul pada tahun 16 Agustus 1995. Nama pertama Internet Explorer adalah Microsoft Internet Explorer atau disingkat IE dan MSIE, yang berlambangkan huruf “e” pertama hadir di sistem operasi Windows 95. Browser ini dirintis sejak pertengahan tahun 1994 oleh Thomas Reardon.

Nasional Center for Supercomputing Applications atau NCSA adalah program kerja sama beberapa negara bagian di Amerika dalam dunia salber. Tahun 1994 browser Mosaic rancangan Marc Andresseen dan Eric Bina telah hadir. Marc Andresseen memutuskan untuk keluar dai NCSA. Setelah itu membentuk Mosaic Communication Corporation.

Spyglass akhirnya mengambil lisensi browser Mosaic buatan NCSA. Spyglass menulis ulang coding Mosaic yang awalnya berbeda di sistem operasi (Windows, Unix, dan Mac), dan telah disamakan untuk setiap platform. Marc Andresseen mengubah nama Mosaic Communication Corporation menjadi Netscape Communication Corporation yang pada akhirnya bernama Netscape Navigator. Hal ini dilakukan oleh Marc Andresseen demi menghindari konflik dengan Spyglass karena pengambilalihan lisensi Mosaic.

Microsoft melihat peluang dari dunia browser, yang akhirnya mendekati Netscape dan mengambil alih lisensi dari browser Netscape Navigator, namun sayang usaha yang dilakukan ditolak oleh pihak Netscape. Microsoft yang gagal mengambil alih Netscape Navigator pun tidak kehabisan ide. Akhirnya Microsoft menemui Spyglass untuk mencoba membeli lisensi Mosaic, dan Mosaic menyetujuinya.

Tidak lama kemudian Microsoft merombak dan memodifikasi Mosaic, lahirlah Internet Explorer 1.0 di Windows 95 pada Agustus 1995. Ada beberapa versi Internet Explorer yang ada diantaranya :   

      • Internet Explorer 1.0 (16 Agustus 1995) 
      • Internet Explorer 2.0 (22 Agustus 1995) 
      • Internet Explorer 3.0 (Agustus 1996) 
      • Internet Explorer 4.0 (September 1997) 
      • Internet Explorer 5.0 (Maret 1999) 
      • Internet Explorer 6.0 (Agustus 2001) 
      • Internet Explorer 7.0 (Oktober 2006) 
      • Internet Explorer 8.0 (Oktober 2009) 
      • Internet Explorer 9.0 (Maret 2011) 
      • Internet Explorer 10 (Agustus 2012) 
      • Internet Explorer 11 (Oktober 2013) 

 

  • Opera
  •  
    Gambar 7 Opera


Teman-teman pasti pernah menggunakan web browser Opera? Bahkan saya pas masih punya handphone nokia untuk buka facebook atau mencari artikel menggunakan opera, yang peformnya ringan dan cepat.

Telenor, perusahaan telekomunikasi milik negara Norwegia memiliki sebuah projek riset untuk Internet browser software yang disebut dengan MultiTorg Opera. Pada saat itu, Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsøy merupakan bagian dari kelompok periset. Belakangan Telenor menghentikan projek ini. Tetapi tidak dengan Tetzchner dan Ivarsøy. Mereka meminta izin untuk mendapatkan hak atas MultiTorg Opera dari Telenor.

Akhirnya hak atas Multitorg Opera pun diperoleh. Pada tahun 1995, dua rekan ini kemudian berhenti dari Telenor dan membentuk perusahaan sendiri yang dinamakan Opera Software untuk melanjutkan pengerjaan browser tersebut. Jangan berpikir Opera Software dimulai dengan modal jutaan. Perusahaan ini hanyalah perusahaan dengan 10 karyawan tanpa ada budget marketing sama sekali. Dan Tetzchner, sebagai CEO, tetap menulis code.

Akhirnya browser Opera versi 2.0 pun muncul pada tahun 1996. Jangan heran jika Opera tidak memiliki versi 1.0. Ini dikarenakan Opera versi 1 adalah MultiTorg Opera, dan software ini tidak pernah disebarluaskan ke publik.

Opera 3 yang dirilis pada akhir 1997, merupakan versi Opera pertama dengan dukungan JavaScript. Dukungan dengan Java masih belum ada sehingga Java Applet tidak dapat dijalankan.    

 

  • Samsung Internet Browser
  •  
Gambar 8 Samsung Internet
 
Samsung Internet untuk Android adalah peramban web Sederhana, Cepat, dan Andal untuk ponsel dan tablet Anda. Rasakan penelusuran Web yang lebih aman dengan Mode Rahasia, Login Web Biometrik, dan Pemblokir Konten.

Dengan banyaknya resiko ancaman baru, Samsung juga berupaya memberikan perlindungan ekstra kepada pengguna browser-nya. Ketika menjelajah situs di internet, Samsung Internet Browser dapat memindai situs-situs yang memuat malware atau berupaya mencuri data pribadi pengguna. Apabila kedua indikasi tersebut ditemui, browser akan memperingatkan pengguna agar lebih waspada.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Samsung Internet tidak kalah dengan web browser lain, diantaranya :

      • Content Blockers
        • Samsung Internet untuk Android memungkinkan aplikasi pihak ketiga menyediakan filter untuk Pemblokiran Konten. Anda dapat menjelajahi web tanpa konten yang tidak perlu mengacaukan layar Anda.
        •  
      • More Comfortable
        • Samsung Internet mendukung fitur yang membuat penjelajahan sehari-hari Anda lebih nyaman.
        •  
      • Web Payments
        • Berbelanja di web akan lebih aman dan lebih mudah dari sebelumnya dengan dukungan untuk API Pembayaran Web baru, memungkinkan Anda memeriksa dan membayar dengan aman hanya dengan beberapa ketukan.
        •  
      • CloseBy (Physical Web)
        • Ketika Anda mendekati suar Web Fisik, layanan CloseBy akan membuat pemberitahuan yang menunjukkan judul dan deskripsi situs web. Memungkinkan Anda dengan mudah mengakses informasi berguna yang dekat.
        •  
      • Video Assistant
        • Asisten Video memungkinkan Anda beralih di antara berbagai mode tampilan saat menonton video. Pemutar pop-up memungkinkan Anda menjelajahi web sambil menonton video.
        •  
      • 360 Video
        • Dapat melihat video imersif langsung di browser tanpa harus memakai headset GearVR. Anda dapat menggesek untuk menggeser 360 video untuk melihat-lihat.
        •  
      •  Dan lain-lain.

 

  •  Vivaldi
  •  

Gambar 9 Vivaldi

Web browser satu ini diciptikan oleh salah satu pendiri dan mantan CEO Opera dan dirilis pada tahun 2016. Ditujukan untuk pengguna yang kuat dan memberikan tingkat kontrol yang mengesankan atas antarmuka.

Vivaldi kompatibel dengan Windows 7 dan yang lebih baru, Mac OS X 10.10 dan yang lebih baru, dan semua distribusi Linux utama. Sayangnya, Vivaldi belum tersedia untuk iOS, tetapi versi beta untuk Android 5.0 dan yang lebih baru dirilis pada September 2019.

Kami menggunakan laptop yang menjalankan Windows 10 dan Samsung Galaxy S8 + dengan Android 7.1.2 untuk pengujian. Karena masih dalam versi beta awal, Vivaldi untuk Android pasti akan berubah dengan cepat, dan untuk ulasan ini kami menguji versi 2.7.1624.219.

Saat ini Vivaldi memiliki kantor di 16 negara diantaranya adalah :

      • Oslo, Norwegia
      • Reykjavik, Islandia  
      • Magnolia, AS 

 

  •  Tor
  •  

Gambar 10 Tor

Tor Browser diluncurkan pada 2002 oleh Tor Project sebagai browser dengan dukungan bawaan untuk Tor Network. Ini didasarkan pada Mozilla Firefox, tetapi ia hadir dengan beberapa fitur privasi dan keamanan yang telah dikemas sebelumnya.

Tor adalah jaringan node yang melindungi privasi Anda dari siapa pun yang memantau Anda. Karena merutekan lalu lintas penjelajahan Anda melalui tiga node sebelum tujuan, seseorang memata-matai Anda perlu memonitor koneksi Anda atau node entri dan bahwa dari node keluar atau situs web target pada saat yang sama untuk mengungkap identitas dan lokasi Anda.

 

  •  Conqueror
  •  
Gambar 11 Conqueror
  
Web browser gratis dan open source dengan manajer file yang menyediakan akses web dan fungsionalitas penampil file untuk sistem file (seperti file lokal, file pada server FTP jarak jauh dan file dalam gambar disk).

Nama “Conqueror” mengemakan paradigama kolonisasi untuk merujuk dua pesaing utam pada saat rilis pertama browser. Conqueror pertama kali muncul dengan versi 2 dari KDE pada 23 Oktober 2000.

Beberapa fitur yang dimiliki Web Browser Conqueror sebagai berikut :

        • Webbrowsing menggunakan KHTML atau KDEWebKit sebagai mesin rendering  
      •  
        • Manajemen file menggunakan sebagian besar fitur Dolphin (termasuk kontrol versi, menu layanan, dan UI dasar) 

        • Manajemen file di server ftp dan sftp

        • Klien FTP berfitur lengkap (Anda dapat membagi tampilan untuk menampilkan folder dan pratinjau lokal dan jarak jauh di jendela yang sama)  

        • Aplikasi tertanam untuk mempratinjau file (mis. Okular dan Calligra untuk dokumen, Gwenview untuk gambar, KTextEditor untuk file teks)

        • Berbagai jenis plugin: Menu Layanan, KParts (aplikasi yang disematkan), KIO (mengakses file menggunakan protokol khusus seperti http atau ftp) dan plugin KPart (seperti AdBlocker ...)  

 

  •  Lynx
  •  

Gambar 12 Lynx

Lynx Browser adalah Browser non Grafik untuk sistem UNIX dan DOS. Lynx merupakan salah satu solusi bagi anda yang ingin browsing dengan kuota terbatas karena tidak menampilkan gambar dan elemen kode lain seperti html, css, js, dll, browser ini hanya akan menampilkan teks dan tidak ada elemen lain yang akan muncul dalam jendela browsingnya. Lynx tersedia untuk sistem operasi Linux (defaultnya) dan Windows.

 

  •  Yandex
  •  

Gambar 13 Yandex

Peramban Yandex adalah alternatif yang populer untuk Google Chrome dan dibangun di atas teknologi back-end yang sama yang membuat yang pertama sangat bagus untuk digunakan. Tersedia di berbagai format, versi desktop mengalami beberapa masalah mendasar, yaitu integrasi bahasa barat yang buruk yang membuat antarmuka sulit digunakan. Dikembangkan oleh perusahaan pencarian web Rusia Yandex yang menggunakan mesin peramban web Blink dan didasarkan pada proyek sumber terbuka Chromium

 

  •  Comodo Ice Dragon
  •  

Gambar 14 Comodo Ice Dragon

Peramban Internet yang cepat dan serbaguna berdasarkan Mozilla Firefox yang menampilkan beberapa peningkatan keamanan, kinerja, dan fitur dibandingkan dengan core build.

Sistem Requirements :

Windows 8 / 8.1 / 7 / Vista / XP – 32/64 bit, 128 MB RAM and 40 MB Hard Disk Space 

Beberapa fitur-fitur yang dimiliki Ice Dragon:

        • Cepat, mudah digunakan, dan ringan pada sumber daya PC
        • Pindai halaman web untuk menemukan malware langsung dari peramban
        • Petir halaman cepat dimuat dengan layanan DNS terintegrasi
        • Peningkatan privasi dan kinerja di atas inti Firefox
        • Kompatibilitas penuh dengan plug-in Firefox   

 

  • Maxthon
  •  
Gambar 15 Maxthon
  
Maxthon adalah browser web multi-platform yang canggih yang secara teratur mengungguli browser top lainnya dan menawarkan pengalaman browsing dan berbagi yang mulus kepada pengguna.

Berkat pendukung kami, Maxthon adalah fenomena global: komunitas - teman, kolega, dan penggemar - yang percaya bahwa berselancar di web harus cepat dan menyenangkan.

Perusahaan Web browser Maxthon asal Tiongkok, yang berbasis Beijing, dan ada beberapa kantor cabang di Shangai, Hong Kong, dan San Francisco. Maxthon dapat dijalankan di Windows, Mac OS, Linux, Android, IOS, dan Windows Phone.

Ada beberapa pengarhagaan yang di peroleh Maxthon :  

 

  • Torch
  •  

Gambar 16 Torch

Torch adalah perangkat lunak gratis dan unik yang menawarkan penjelajahan yang kuat bersama dengan fitur pengunduhan dan berbagi media bawaan.

Browser Browser didasarkan pada platform teknologi Chromium, memberikan kemampuan menjelajah yang cepat. Dengan Torch, Anda dapat berbagi situs yang Anda sukai, mengunduh torrent, mempercepat unduhan, dan mengambil media online - semuanya langsung dari peramban. Semua yang Anda butuhkan hanya cukup klik dengan Torch, jadi Anda tidak perlu menggunakan atau mengunduh program dan alat tambahan.

Ada beberapa fitur yang di tawarkan oleh Torch :

    • MEDIA GRABBER: Unduh streaming video dan audio dalam satu klik
    • Dengan adanya fitur ini bisa menyimpan audio dan video dari web menggunakan Media Grabber yang terintegrasi..  
    •  
    • TORCH TORRENT: Unduh torrent langsung dari peramban Anda.
    • Dapat mempermudah pengunduhan file-file torrent, dibutuhkan.  
    •  
    • TORCH PLAYER: Seorang pemain yang menakjubkan dibangun ke dalam Browser Browser. 
    • Dapat pemutar media, jadi sudah sepantasnya menyertakan pemutar media sendiri. 

    • TORCH FACELIFT: Mendesain ulang Facebook Anda.
    • Dapat membrand Facebook Pribadi dengan mengubah latar belakang, font, warna, dan lainnya.  

    • TORCH MUSIC: Pemutar musik gratis tepat di peramban Anda.
    • Dapat memutar musik-musik favorit yang berada di Youtube.  
    •  
    • TORCH GAMES: Bersenang-senanglah dengan browser Anda. 
    • Bagi yang suka main game, browser ini tidak mau kalah menyediakan games-games gratis di browsernya. 
    •  
    • DRAG & DROP: Cari dan bagikan dalam sekejap. 
    • Apakah pernah merasakan sensasi drag and drog dibrowser, nah Torch menawarkan fitur ini agar mempermudah user dalam beselancar di internet. 

    • SHARE: Berbagi online - disederhanakan.
    • Dengan adanya share di browser Torch dapat mengklik satu tombol bisa mengshare hal-hal baik.  

    • DOWNLOAD ACCELERATOR: Unduh Lebih Cepat
    • Kita bisa memdownload file-file yang berada di internet dengan Torch browser  

 

  • Baidu
  •  
Gambar 17 Baidu

Browser internet berbasis Chromium. Karena  menggunakan mesin yang sama menggerakkan Google Chrome, Baidu hadir dengan kulit yang mudah berubah, UI yang menarik, dan integrasi tanpa batas dengan Facebook.

 

  • UC Browser
  •  

Gambar 18 UC Browser

Aplikasi peramban besutan Alibaba Group ini telah meluncurkan versi terbaru yang diklaim memiliki beberapa keunggulan.

UC Browser dikembangkan oleh UCWeb sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Alibaba. Browser UC menggunakan dua teknik, yaitu percepatan cloud dan kompresi data.

 

  • Bolt Browser
  •  

Gambar 19 Bolt Browser

Web browser untuk ponsel termasuk fitur ponsel dan smartphone yang dapat menjalankan Java ME aplikasi. Browser BOLT ditawarkan secara gratis kepada konsumen dan dengan lisensi untuk operator jaringan seluler dan produsen handset. BOLT diproduksi oleh Bitstream Inc.

Beberapa Fitur-fitur Bolt:

    • History Tab
      • Menampilkan beberapa riwayat hasil pencarian, agar mudah digunakan pada saat berkunjung ke situs yang sama. Menampilkan riwayat penjelajahan berdasarkan tanggal pencarian.
      •  

    • Favorites Tab
      • Menampilkan thumbnail favoriet dari situs yang sering dikunjungi, seperti Facebook, YouTube, Google, dan lain-lain.
      •  
    • Social Tab
      • Siapa yang tidak punya facebook atau aplikasinya facebook, nah di browser Bolt ada tab khusus tentang sosial salah satunya Facebook.
      •  
    • Web Apps Tab
      • Tab applikasi web memberi tautan ke aplikasi store yang disebut Bolt, contoh aplikasi Twitter, Facebook, YouTube, WordPress dan banyak lagi.
      •  
    •  Flash, HTML Video Playback Support
      • Menurut situs Bolt, browser akan memungkinkan Anda menikmati video YouTube karena browser mendukung pemutaran video Flash dan HTML 5.
    • Easy To Use Interface, Desktop-Like Browsing
      • kemudahan menggunakan browsing dengan Bolt.
      •  
    • Security Issues
      • BOLT mengendalikan ini dan memberi Anda pengalaman menjelajah yang paling aman dan teraman.
      •  
    •  Conclusion
      • Menurut BOLT, ia dapat menawarkan "pengalaman penelusuran seluler ultra-cepat."

Kesimpulan

Perkembangan dunia teknologi khususnya internet membuat semakin mudahnya mencari informasi dengan cepat dan tidak banyak membuang waktu tanpa harus ke perpustakaan. Dengan kunci kata atau kalimat yang ingin dicari maka hanya membuka browser lalu jari mulai ketik di kolom search setelah itu muncul banyak informasi dan data yang diperlukan.

Termasuk Browser teman-teman yang digunakan ada banyak browser untuk berselancar di dunia internet, tinggal teman-teman saja yang pilih mana yang cocok, nyaman untuk digunakan sebagai pendukung mencari informasi yang diperlukan.

Terima kasih sudah berkunjungi sampai ketemu di artikel selanjutnya, jangan lupa ikuti kanal chanel kami

Youtube Alami Computer

Website Alami Computer

Instagram chaerullah.fadli

 

Posting Komentar
Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top