Web Browser

By Labels: at

 Assalamu’alaikum Wr. Wb

Pengatar

Hai bagaimana kabar? Semoga baik-baik saja ya teman-teman. Untuk melanjutkan artikel yang pernah saya bahas yaitu Text Editor, dan Artikel ini m
asih terkait yaitu tentang Web Browser. Apakah ada yang sudah pernah dengar web browser? Atau sudah ada yang pernah coba menggunakan web browser.

Saya yakin banyak dari teman-teman pasti tau web browser...yaps salah satunya adalah Google Crome yang sering digunakan untuk browsing di internet. Tapi apakah teman-teman tau web browser selain Google Crome?

Web Browser

Gambar 1 Web Browser
 

Web Browser adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mencari, mengakses dan menampilkan halaman web, terutama situs-situs website dan konten lain di internet. Web Browser terdiri dari dua kata bahasa inggris yaitu ‘web’ artinya merupakan singkatan dari website yaitu halaman situs yang ada di jaringan internet, sedangkan ‘browser’ yang dapat diartikan sebagai media penjelajah (software).

Web browser awalnya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar, video, suara, dan dokumen, tidak secanggir web browser sekarang, sering waktu berjalan web browser berkembang dengan pesat yang dimana awalnya hanya bisa menampilkan teks saja, namun sekarang bisa menampilkan atau menjalankan video, suara, dokumen, bahkan bisa mengirim dan menerima email.

Pengertian web browser menurut Wikipedia adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai sumber informasi yang ada didalam jaringan internet (world wide web). Sumber-sumber informasi terdiri dari berbagai macam bentuk seperti, teks, dokumen, video, suara, dan bahkan email.

Fungsi Web Browser

Beberapa fungsi dari web browser yang serin digunakan untuk mencari informasi di internet, diantaranya :

  • Membuka Halaman Website
    • Dimana web browser digunakan untuk membuka suatu halam website di internet.
    •  
  • Memastikan Keamanan Suatu Website
    • Dalam mencari informasi atau artikel di internetnya banyak sumbernya, dan web browser memastikan keamanan di pengguna internet dan atikel yang dicari dengan melakukan proses verifikasi (authetication) pada sebuah laman website.
    •  
  • Mendukung Permintaan Data
  •  
  • Mengumpulkan Data dan Memasitikan Tampilan
  •  
  • Mendukung Penggunaan Mesin Pencari
  •  
  • Menerjemahkan Script Menjadi Tampilan Yang Menarik
  •  
  • Dan lain-lain

 

Tujuan Web Browser

Tujuan dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna, baik informasi yang berupa teks, gambar, suara, video, atau pun dokumen seperti doc, exe, pdf, dan lain-lain.

Sejarah Web Browser

Perkembangan internet di ikuti dengan teknologi yang semakin canggih, dan begitu juga dengan web browser yang terus berkembang dengan cepat dan sangat bermanfaat untuk penggunanya. Sebenarnya  web browser sudah mulai dikembangkan pada era tahun 80an. Pada tahun 80an Tim Berners Lee adalah seorang ilmuwan fisika yang berasal dari inggris. 
 
Akhirnya pada tahun 1991 Tim Berners Lee meluncurkan browser pertamanya. Tim yang dipimpin oleh Berners Lee, Bapak Internet, adalah yang menemukan internet pertama kalinya di dunia pada tahun 1991 di CERN (Conseil EuropĂ©en pour la Recherche NuclĂ©aire) atau terjemahan bebasnya: Komisi Eropa untuk Penelitian Fisika Nuklir. Terletak di perbatasan Swiss dan Perancis terbentuk pada tahun 1954. 
 
Tim Berners Lee menemukan sebuah dunia internet yang teraktif. Sasaranya kalangan teknik dan informatika. Browser menjadi tool untuk manajemen ilmu pengetahuan. Lahirnya web 2.0 mengembalikan internet ke fungsi awalnya serta menjadikannya lebih interaktif. Alat yang pertama kali digunakan unutk melakukan pencarian melalui internet “Archie”. Diciptakan tahun 1990 oleh Alan Emtage, seorang siswa dari Universitas Megill di Montreal.  
 
Program tersebut mendownload daftar direktori dari semua file dan ditempatkan pada alamat FTP, menciptakan suatu filename database yang bisa dicari. Jika program Archie meng-index file komputer, “Gopher” meng-index teks dokumen. Gopher diciptakan pada tahun 1991 oleh Mark Mccahil di Universitas Minnesora. Karena berbentuk file teks, hampir semua situs gopher menjadi website setelah terciptanya World Wide Web. 
 
Program yang lainnya yaitu “Veronica” dan “Jughead”, yang berfungsi untuk mencari file yang disimpan di dalam sistem index Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archiver) menyediakan pencarian dengan menggunaan kata kunci di menu judul dalam seluruh daftar Gopher, Jughead (Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavition And Display) adalah suatu alat untuk memperoleh menu informasi dari beberapa jenis Gopher server.  
 
Tahun 1993, Marc Andreessen, seorang mahasiswa Universitas Illinois, menciptakan web browser berbaris grafik yang diberikan nama Mosaic. Mosaic mampu menampilkan dokumen grafis dengan menggunakan user interface (tampilan) grafis. Penggunaan interface grafis ini dengan menggunakan user interface (tampilan) grafis. Penggunaan interface grafis ini mempermudah penggunaan web browser dan penampilan file HTML yang menjadi lebih baik, yang pada akhirnya memberikan kontribusi untuk semakin cepatnya perkembangan Internet. Selanjutnya Marc Andreessen menjadi salah satu pendiri Netscape, perusahaan pembuat web browser Netscape Navigator. 
 
Setelah itu, banyak search engine yang bermunculan dan saling berlomba untuk mendapatkan ketenaran. Diantaranya Excite, Infosee, Inktomim, Northern Light, dan AltaVista, dan masih banyak yang web browser untuk meramaikan. 
 
Artikel Ini dikutip buku ebook : Etika Profesi Komputer

Macam-macam Web Browser

Teman-teman pernah mencari hal-hal yang tidak diketahui seperti sejarah, biografi, atau tutorial pasti menggunakan internet untuk berselancar untuk mendapatkan informasi yang berkaitan, tetapi teman-teman taukah ada banyak macam-macam web browser yang berada saat ini, mari kita bahas satu persatu, yaitu :
 
  • Google Chrome  
  •  
    Gambar 2 Google Chrome

Siapa yang tidak kenal si Google? Pasti tau semua kan !, yaps salah satu raksasa perusahaan internet ini mempunyai search engine yaitu Google Crome. Google Crome adalah satu web browser yang saat ini banyak dipakai untuk mencarai informasi-informasi di internet.
 
Versi beta pertama Google Chrome lahir pada 2 September 2008, empat setelah berita pertama soal pengembangan aplikasi browser oleh Google merebak. Di versi awal ini Google masih menggunakan mesin rendering Webkit dan baru tersedia untuk perangkat Windows XP. Beberapa bulan mengembara di fase beta, pada 11 Desember 2008 Google resmi merilis Chrome ke publik. 
 
Proyek open source yang digunakan oleh Google disebut Chromium, menggunakan mesin rendering webkit sampai dengan versi 27 dan dirancang untuk bekerja dengan kecepatan di atas rata-rata namun tetap ringan dijalankan diperangkat desktop dan mobile.
 
Google Chrome juga sudah terintegrasi dengan produk Google lainnya. Itu karena Google Chrome sendiri adalah buatan dari raksasa Google. Selain itu, Google Chrome juga termasuk web browser yang paling aman dibandingkan dengan web browser lain.
 
Web browser ini juga memiliki kemampuan lebih dalam hal kecepatan loading website. Website yang dibuka melalui Google Chrome akan lebih cepat. Tetapi, Google Chrome juga memiliki kelemahan, yaitu bisa menghabiskan banyak memori. Jadi kalau Anda memberikan banyak perintah kepada Google Chrome, maka akan sangat boros memori.
 
Web browser Google Chrome banyak dipakai di handphone yang ngingklut dengan sistem android, yang dipunyai perusahaan Google.    

 

  • Safari
  •  
    Gambar 3 Safari

Apakah teman-teman ada yang menggunakan Apple?, kalau ada web browser ini adalah web browser yang di peruntukan untuk pengguna Apple yaitu Safari. Web browser ini diciptakan oleh Apple Inc. Web browser ini sebagai kompetitor terbesar Android, Safari bisa digunakan di perangkat Laptop Apple dan Handphone Apple.

Safari adalah pelopor dalam beberapa bidang kemampuan browser: Misalnya, itu adalah yang pertama dengan mode Reading, yang membersihkan kekacauan yang tidak perlu seperti iklan dan video dari artikel web yang ingin Anda baca. Fitur itu memulai debutnya pada tahun 2010 dan telah masuk ke semua browser lain kecuali untuk Chrome.

Ada beberapa keuntungan bila menggunakan browser safari seperti Nitro Enggine dalam sistem safari versi terbaru menjadi web browser ini lebih cepat dalam mengolah data. Selain itu pengelolaan aplikasi Java yang terdapat pada suatu laman pun akan menjadi lebih cepat. Menurut klaim mereka, bahkan Safari mampu mengolah aplikasi tersebut sebanyak 8x lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi peramban serupa yang lain. 

 

  • Mozilla Firefox
  •  
    Gambar 4 Mozilla Firefox