SEJARAH VIRTUALBOX

By Labels: at
Hai semua...bagaimana kabar teman-teman? Sudah masuk tahun baru. Teman-teman di tahun 2019 apa yang akan diharapkan? Tulis dikolom komentar.... J

Baik di tutorial pertama di tahun 2019, saya akan menginstall software VirtualBox di Windows, tapi sebelum menginstall alangkah baiknya mari kita kenalan dulu sama satu software ini, karena ada pepatah yang mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”. Dari sini kita kenalan dulu, apa itu software Virtual Box, fungsi buat apa si?, apa manfaatnya software VirtualBox.

VirtualBox adalah software gratis milik Oracle yang fungsi utamanya adalah mem-visualisasi-kan sebuah atau banyak Sistem Operasi (OS) di dalam Sistem Operasi utama kita. Artinya kita bisa mencoba install OS tanpa mengganggu sistem bawaan yang sudah terpasang. Contoh :
  1. Laptop OS saya windows 7 sedangkan saya ingin update ke windows 8.1 tapi jangan hapus OS Win 7. Dan arternatifnya adalah menggunakan virtualisasi atau menggunakan software VirtualBox .
Sejarah VirtualBox
VirtualBox pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh Sun Microsystems. Menurut Wahidun cara menggunakan virtualbox (virtual mesin) mempermudah kita belajar komputer meski tidak memiliki komputer atau yang takut komputernya rusak karena salah oprek, teratasi dengan adanya virtualbox. Dan jenis virtual mesin /virtual box ini banyak ragamnya, seperti milik microsoft bernama virtualPC, ada lagi QEMU emulator, ada vmware dan banyak lagi yang lainnya. Di antara sekian virtual mesin tersebut saya pertama kali menggunakan qemu, dan sekarang lebih menyukai VIRTUALBOX, yang support di mesin windows manapun, tanpa harus mendownload file yang sama, virtualbox dapat di jalankan di mesin 32 mapun 64. 

Fungsi VirtualBox
a.       Mencoba Operation System apapun.
Virtualbox dapat memainkan semua sistem operasi baik itu menggunakan windows, linux atau turunan Linux lainnya. Virtualbox juga dapat dipergunakan untuk mengujicoba OS baru.
b.       Sebagai media untuk anda membuat simulasi jaringan.
Di dalam Virtualbox sobat dapat membuat banyak mesin virtual dan memainkannya sekaligus. hebatnya kita dapat menggabungkan semua mesin yang aktif tadi dalam satu jaringan. Seolah olah sobat punya banyak komputer yang terkoneksi.
a.      Sebagai komputer yang fleksibel dan dapat kita pindah-pindah sesuka hati kita.
Misalnya kita dapat membuat sebuah server antivirus dan server absensi sekaligus untuk keperluan kantor dalam bentuk virtual di satu komputer. Nah server antivirus dan absensi tadi dapat kita pindah ke komputer lain dengan memindahkan mesin virtual kita ke komputer lain jika sewaktu waktu komputer utamanya rusak. biasanya format file virtualbox berekstensi .VDI . maka tinggal copas vdi nya saja ke komputer lain.

Fitur yang disediakan Oracle VM VirtualBox
a.       Menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan 
    VirtualBox memungkinkan Anda menjalankan lebih dari satu sistem operasi sekaligus. Dengan cara ini, Anda dapat menjalankan perangkat lunak yang ditulis untuk satu sistem operasi yang lain, seperti perangkat lunak Windows di Linux atau Mac, tanpa harus mem-boot ulang untuk menggunakannya.
b.     Instalasi perangkat lunak yang lebih mudah
   Vendor perangkat lunak dapat menggunakan mesin virtual untuk mengirimkan seluruh konfigurasi perangkat lunak. Misalnya, menginstal solusi server surat lengkap pada mesin nyata bisa menjadi tugas yang membosankan.
c.     Pengujian dan pemulihan bencana.
     Setelah diinstal, mesin virtual dan hard disk virtualnya dapat dianggap sebagai wadah yang dapat dibekukan secara sewenang-wenang, dibangunkan, disalin, dicadangkan, dan dipindahkan di antara host.
d.       Menggunakan fitur Oracle VM VirtualBox lain yang disebut snapshots
seseorang dapat menyimpan keadaan tertentu dari mesin virtual dan kembali ke keadaan itu, jika perlu. Dengan cara ini, seseorang dapat dengan bebas bereksperimen dengan lingkungan komputasi. Jika terjadi kesalahan, seperti prolems setelah menginstal perangkat lunak atau menginfeksi tamu dengan virus, Anda dapat dengan mudah beralih kembali ke snapshot sebelumnya dan menghindari kebutuhan pencadangan dan pemulihan yang sering.

Sistem Operasi Host yang Didukung

Saat ini, Oracle VM VirtualBox berjalan pada sistem operasi host berikut:
  1. Windows hosts (64-bit) :
Windows 7
Windows 8
Windows 8.1
Windows 10 RTM (1507) build 10240
Windows 10 November Update (1511) build 10586
Windows 10 Anniversary Update (1607) build 14393
Windows 10 Creators Update (1703) build 15063
Windows 10 Fall Creators Update (1709) build 16299
Windows 10 April 2018 Update (1803) build 17134
Windows 10 October 2018 Update (1809) build 17763
Windows Server 2008 R2
Windows Server 2012
Windows Server 2012 R2
Windows Server 2016
Windows Server 2019
  • Mac OS X hosts (64 bit) :

10.12 (Sierra)
10.13 (High Sierra)
10.14 (Mojave)
Intel hardware is required. See also Chapter 14, Known Limitations.

  • Linux hosts (64-bit). Includes the following :
Ubuntu 16.04 LTS, 18.04 LTS and 18.10
Debian GNU/Linux 9 ("Stretch")
Oracle Linux 6 and 7
Redhat Enterprise Linux 6 and 7
Fedora 28 and 29
Gentoo Linux
SUSE Linux Enterprise server 12 and 15
openSUSE Leap 42.3 and 15.0

Baik ini sejarah singkat atau penjelasan singkat tentang software VirtualBox bagi teman-teman yang  ingin tahun lagi tentang VirtualBox bisa langsung kunjungi website resminya klik disini.

Terima kasih untuk teman-teman yang sudah mampir di blogspot sederhana saya ini, jangan bosan-bosan untuk berkunjung kesini, tunggu artikel-artikel selanjutnya dan satu lagi lupa untuk subcribe chanel youtube Alami Computer agar kami bisa lebih semangat membagikan hal-hal yang positif. “Mari terus berkarya dengan membuat konten berkualitas”

Tulisan ini saya ambil dengan berbagai sumber :

1 komentar:

Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top