SEJARAH CISCO

By Labels: at

Gambar 1 cisco
Hai teman-teman bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja. Maaf sebelumnya libur beberapa bulan untuk membuat artikel dikarenakan harus mengerjakan SKRIPSI yang wajib kelas :),.. Oke cukup sesi curhatnya. Baik kali ini saya akan membahas tentang Cisco, ada yang sudah tau Cisco ?? kalau sudah silakan tulis di kolom komentar. Cisco siapa yang tidak kenal dengan produk-produknya, perusahaan-perusahaan banyak memakai produk-produk cisco.

Cisco adalah salah satu produk untuk Teknologi Informasi nomor satu didunia,terutama untuk sytem,perangkat keras jaringan serta telekomunikasinya. Visi dari Cisco System.Inc (Cisco) yaitu “mengubah bagaimana cara hidup,bekerja,bermain dan belajar”, dan bagian dari Slogan dari Cisco adalah “Selamat datang kedalam dunia Jaringan“ (welcome to the human network).


SEJARAH SINGKAT CISCO
Gambar 2 kantor cisco
Pada tahun 1980 sepasang suami istri yang bernama Len dan Sandy Bosack bekerja pada perusahaan komputer yang berbeda. Mereka mengalami kesulitan agar komputer yang bekerja di departemen yang berbeda tersebut dapat berkomunikasi. Sehingga mereka membuat sebuah gateway yang mereka tempatkan di ruang tamu.

Mereka mendirikan cisco Systems (dengan c kecil) pada tahun 1984, memiliki server gateway komersial kecil yang membawa 
sebuah revolusi dalam Networking. Nama perusahaan diubah menjadi Cisco Systems, Inc pada tahun 1992. Advanced Gateway 
Server (AGS) adalah produk pertama yang dipasarkan perusahaan. Setelah ini datang Mid-Range Gateway Server (MGS), 
Compact Gateway Server (cgs), Integrated Gateway Server (IGS) dan AGS +.

Akhirnya menciptakan router cisco 4000, 7000, 2000, dan 3000 series. Router ini masih ada dan meningkatkan setiap hari. 
Cisco adalah pemimpin besar dunia ketika datang ke jaringan untuk Internet. Produk perusahaan ini mengarah pada kemudahan 
dalam mengakses dan mentransfer informasi terlepas dari perbedaan waktu, tempat atau platform.

Cisco juga memasok berbagai besar produk-produk perangkat keras yang menciptakan jaringan informasi dengan bantuan dari  
Cisco Internetwork Operating System (IOS) perangkat lunak. IOS memberikan layanan jaringan dan membuat rute untuk 
jaringan dan layanan dukungan teknis. Program lain yang dibuat oleh Cisco untuk membantu jumlah besar perangkat keras 
adalah Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) program. CCIE merupakan program Cisco yang dirancang untuk 
membekali seseorang secara profesional untuk mengoperasikan perangkat Cisco. Memiliki alat yang rumit untuk memenuhi 
kebutuhan yang komplex akan membutuhkan seseorang yang dapat menginstall, mengatasi permasalahan, dan mengoperasikan 
hardware. Untuk itu CCIE dibuat agar selalu ada tenaga ahli yang dapat mengoperasionalkan seluruh produk-produk Cisco.

Sertifikat Cisco ini dapat sebagai pegangan bahwa kita adalah tenaga IT yang profesional. Siapapun yang memiliki sertifikas 
Cisco mereka pasti sangat terpercaya dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam dunia networking atau jaringan.
Cisco Networking Academy adalah sebuah inisiatif pembelajaran global yang memberikan informasi dan skill dalam teknologi 
komunikasi untuk membantu mengembangkan karir dan kesempatan edukasi untuk seseorang dalam komunitas diseluruh dunia. Cisco Networking Academy didirikan oleh Cisco Systems dan berdiri sejak tahun 1997, dengan membuka 64 Local Academy Cisco di 7 Negara Bagian, Amerika Serikat (Arizona, California, Florida, Minnesota, Missouri, New York, and North Carolina).

MACAM-MACAM SERTIFIKASI CISCO
Gambar 3 sertifikat cisco
Lulusan Cisco Networking Academy nantinya akan mendapatkan sertifikasi International yang diakui oleh dunia industri International, yaitu:

CCIE (Cisco Certified Inter-Networking Expert) merupakan program Cisco yang dirancang untuk membekali seseorang secara profesional untuk mengoperasikan perangkat Cisco. Memiliki alat yang rumit untuk memenuhi kebutuhan yang komplex akan membutuhkan seseorang yang dapat menginstall, mengatasi permasalahan, dan mengoperasikan hardware. Untuk itu CCIE dibuat agar selalu ada tenaga ahli yang dapat mengoperasionalkan seluruh produk-produk Cisco.
Gambar 4 CCIE
Sertifikat Cisco ini dapat sebagai pegangan bahwa kita adalah tenaga IT yang profesional. Siapapun yang memiliki sertifikas Cisco mereka pasti sangat terpercaya dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam dunia networking atau jaringan.

CCNP (Cisco Certified Network Professional) Bagi kita yang sudah mendapatkan Sertifikat CCIE, dapat melanjutkan langkah untuk mendapatkan sertifikat CCNP. CCNP adalah sertifikat yang diberikan Cisco kepada tenaga profesional dalam dunia networking. Tentu saja untuk mendapatkan CCNP kita harus lulus dari ujian CCIE terlebih dahulu.
Gambar 5 CCNP
CCNA (Cisco Certified Network Associate) adalah sertifikat yang diberikan oleh Cisco kepada seseorang hyang telah mampu dan mahir dalam bidang Networking. Tentu saja untuk mendapatkan sertifikat ini, kita harus mengeluarkan budget atau biaya. Biaya tersebut akan di gunakan sebagai biaya ujian untuk mendapatkan sertifikat CCNA.
Gambar 5 CCNA
CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician) memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menginstal, mengoperasikan, dan memecahkan masalah jaringan cabang perusahaan kecil, termasuk keamanan jaringan dasar.
Gambar 6 CCENT

LEVER PERINGKAT SERTIFIKAT DARI CISCO
Gambar 7 lever sertifikat cisco
Metode Pembelajaran Cisco Networking Academy adalah secara Online. Setiap Student akan mendapatkan akses ke https://cisco.netacad.net/ dimana nantinya Student akan belajar dan diuji dengan dibimbing oleh Instructor Cisco yang Qualified. ITALIC bekerja sama dengan Local Academy Cisco di ForIT-Skill Center dalam memprakarsai pembelajaran Online Cisco ini.


FOTO CEO CISCO
Gambar 8 CEO cisco


PENUTUP
Baik artikel ini sampai disini dulu, jangan lupa untuk kunjungi website alamicomputer, like page facebook dan jika tidak keberatan silakan mampir ke chanel youtube alami computer. Terima kasih sudah mampir di alami computer, salam belajar.

Posting Komentar
Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top