Sertifikat Cisco

By Labels: at
Hai...teman-teman bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja, Amin. Diartikel sebelumnya sudah membahas tentang Mode Router Cisco dan untuk melanjutkan maka akan membahas sedikit tentang Sertifikat Cisco. Sertifikat Cisco digunakan untuk apa si? Dan kegunaanya untuk kita apa? Mungkin disini teman-teman ada yang sudah punya Sertifikat Cisco.  Kalau sudah ada silakan tulis di kolom komentar. :)

Gambar 1

Sertifikat Cisco
Sertifikasi Cisco adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh vendor teknologi jaringan komputer ternama Cisco System sebagai bukti pengetahuan dan keahlian si pemiliknya dalam menangani jaringan komputer berbasis produk Cisco System sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan oleh sertifikasi tersebut.

Ada banyak sertifikasi komputer dengan skala internasional untuk berbagai bidang teknologi informasi. Salah satu yang cukup terkenal adalah sertifikasi internasional yang biasa disebut sebagai Sertifikasi Cisco. Sertifikasi komputer ini dikeluarkan oleh vendor teknologi jaringan komputer ternama Cisco Systems sebagai bukti keahlian si pemiliknya dalam menangani jaringan komputer sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan oleh sertifikasi tersebut.

Secara umum Sertifikasi Cisco terbagi menjadi 3 jenjang kualifikasi, yaitu Associate, Professional, dan Expert. Associate adalah jenjang awal seseorang SDM IT dalam menapaki karir sebagai Network Engineer berbasiskan perangkat jaringan Cisco System. Professional adalah tingkat lanjutan (advanced) bagi seorang Network Engineer dalam menguasai keahlian jaringan komputer. Sedangkan Expert adalah tingkatan paling tinggi dalam jenjang sertifikasi Cisco yang menyatakan bahwa pemiliknya memiliki keahlian jaringan komputer dengan kualifikasi pakar.
 
 Associate Level : Sertifikasi CCNA:
CCNA adalah singkatan dari Cisco Certification Network Associate. Sebuah program sertifikasi di industri jaringan komputer yang dikeluarkan oleh Cisco System. Perusahaan yang saat ini secara de-facto menjadi standar teknologi jaringan komputer di dunia.

Program sertifikasi CCNA dikeluarkan oleh cisco pada tahun 1998. CCNA merupakan sertifikasi tingkat intermediate (menengah) yang berarti lulusan pemegang sertifikat cisco CCNA dianggap sudah mampu mengelola jaringan level medium-high skala enterprise.

Gambar 2
Namun pada tahun 2007, cisco menambah kebijakan lagi dengan mengeluarkan program sertifikasi CCENT atau Cisco Certified Entry Network Technician sebagai jenjang alternatif yang bisa ditempuh untuk mengambil sertifikasi CCNA.

Professional Level : Sertifikasi CCNP:
Pada jenjang berikutnya yaitu Professional, sertifikasi yang paling populer dimiliki adalah CCNP (Cisco Certified Network Professional). Sertifikasi ini menyatakaan bahwa pemiliknya memiliki pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk menginstalasi, mengkonfigurasi, dan melakukan troubleshooting jaringan LAN / WAN dengan jumlah antara 100 sampai dengan 500 buah perangkat jaringan.

Gambar 3

Untuk memilikinya disyaratkan yang bersangkutan telah memiliki CCNA.Pada level professional selain CCNP juga ada sertifikasi lain yang memiliki jenjang yang sama yaitu : CCDP, CCIP, CCSP, dan CCVP.

Expert Level : Sertifikasi CCIE:
Berbeda dengan sertifikat sebelumnya yang diperoleh dengan basis tes yang sifatnya tertulis maka pada ujian sertifikasi CCIE selain tertulis (written) juga praktek langsung (lab) sehingga tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Gambar 4
Pelatihan Tingkat Pakar Cisco untuk CCIE adalah satu-satunya pelatihan Tingkat Pakar resmi Cisco. Pelatihan Tingkat Pakar Cisco untuk CCIE adalah cara cerdas untuk membantu memastikan staf TI Anda dilengkapi dengan keterampilan dan pengetahuan terbaru untuk mendukung jaringan canggih Anda.

Manfaat Program:
  • Fleksibel, akses 24/7 ke laboratorium dan konten
  • Komponen Pelatihan Tingkat Pakar Cisco diakses melalui Learning Management System (LMS) berbulan-bulan selama langganan
  • Penyewaan rak disertakan dengan pembelian konten awal. Penyewaan rak tambahan tersedia
  • Pendampingan dan pelatihan tingkat ahli dari instruktur CCSI elit industri TI
  • Program yang ketat dan komprehensif memperkuat pengetahuan yang dipelajari melalui kinerja berkelanjutan, penilaian
  • Mitra Belajar Resmi Cisco dipilih oleh Cisco untuk menyebarkan program
PENUTUP
Baik artikel ini sampai disini dulu, jangan lupa untuk kunjungi website alamicomputer, like page facebook dan jika tidak keberatan silakan mampir ke chanel youtube alami computer. Terima kasih sudah mampir di alami computer, salam belajar.


2 komentar:

Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top