Tutorial Menggambar Buah Jeruk Dengan CorelDraw 2020 | SMK Multimedia

By Labels: at
Assalamu’alaikum Wr. Wb

Pengantar

Hai bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya teman-teman. Baik kali ini kita akan sedikit membahas tentang membuat gambar apel realistis melalui coredraw, jadi teman-teman jangan bacanya sampe lompat-lompat ya..

Mata pelajaran Animasi 2D dan 3D ada dikelas XI jurusan Multimedia, jadi ayo kita belajar barang-barang ya teman-teman, artikel ini yang membuat adalah siswa SMK Kapin Jakarta yaitu "Aqil Azkia", jadi simak tulisan dan praktekan dengan ditemanin laptop.

Langsung saja kita praktek, ikuti langkah-langkah dibawah ini: 

1. Buka CorelDraw dan gunakan kanvas berukuran 30cm X 30cm

Gambar 1


2. Buat gambar segisepuluh menggunakan polygon tool

Gambar 2

3. Kurve gambar tersebut menggunakan shape tool dan Tarik kurve keatas hingga sejajar dengan titik tengah dibagian atas

Gambar 3

4. Klik fitengah tengah titik manapun kemudian gunakan add nodes lalu tarik kebawah hingga membentuk seperti digambar

Gambar 4

5. Jika sudah terbentuk seperti digambar, kurve bagian tengah atas segitiga terbalik dan tarik kurve hingga melengkung.
Contoh gambar:

Gambar 5

Gambar 6
 

6. Klik dipinggir garis segitiga terbalik kemudian klik add nodes

Gambar 7

7. Jika selesai klik add nodes, block pojok lalu klik delete nodes

Gambar 8

8. Ketika selesai klik delete nodes akan otomatis seperti gambar dibawah ini, lakukan yang sama untuk sebelahnya. 
Gambar 9

Dan akan terbentuk seperti ini

 

Gambar 10

9. Berikan warna sesuai keinginan

Gambar 11

10.  Kemudian bentuk lingakaran dan berikan lingkaran warna lebih gelap dibanding gambar depan

Gambar 12

11. Duplikat lingkaran dan ukur agar lebih besar dibanding lingakaran pertama, kemudian berikan warna lebih gelap dibanding yang pertama

Gambar 13

12. Hapus semua outline width pada gambar

Gambar 14
 

13. Duplikat lingakaran yang paling besar, lalu letakan lingkaran seperti digambar

Gambar 15

14. Kemudian bentuk butiran seperti biji jeruk menggunakan “beizer”

Gambar 16

15. Atur butiran sesuai keinginan

Gambar 17

16. Buatlah bentuk seperti dalam gambar menggunakan “bizier”

Gambar 18

17. Buatlah bentuk elips dan atur warna sesuai kebutuhan, dan tata semua sesuai keinginan

Gambar 19
 

Gambar 20

18. Jika sudah sesuai, masukan kebeakang gambar pertama.
Contoh :

Gambar 21

19. Selesai. Buatlah tangkai menggunakan pen dan bentuk seperti ini

Gambar 22

20. Kemudian shape tool gambar tersebut, lalu klik dibagian tengah pinggir garis dan klik convert to curve

Gambar 23

21. Tarik curve, kemudian lengkungkan sesuai keinginan hingga menjadi seperti tangkai

Gambar 24

22. Berikan tangkai warna dan letakan sesuai kebutuhan, kemudian buatlah gambar elips tidak sempurna lalu berikan warna yang sama seperti warna tangkai kemudian kurangi opacity sesuai keinginan.

Gambar 25

23. Jika selesai buatlah daun menggunakan “beizier” sesuaikan bentuk seperti daun

Gambar 26

24. Jika sudah selesai, tata daun sesuai keinginan

Gambar 27
25. Block gambar dan grupkan

Gambar 28
26. Selesai..

Membuat Vector jeruk menggunakan coreldraw

Gambar 29

SELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERHASIL

GOOD LUCK

Baik untuk sementara artikel tentang Prinsip Dasar Pembuatan Animasi Dua Dimensi (2D) Berbasis Vektor sampai disini, nantikan artikel-artikel selanjutnya teman-teman. Terimakasih teman-teman sudah berkunjung diwebsite kami, jangan lupa untuk mengikuti media sosial kami yaitu :

Youtube : Alami Computer 

Website : www.alamicomputer.com

Instagram : Chaerullah Fadli

Referensi :

Video YouTube: Belajar CorelDRAW Itu Mudah: Menggambar Buah Jeruk dengan CorelDRAW X4


2 komentar:

  1. Terimakasih yg sudah membaca dan berkunjung di website kami :) :>)

    BalasHapus
Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top