Tutorial tracing vespa vintage di Adobe Illustrator | SMK Multimedia

By Labels: at

 Assalamu’alaikum Wr. Wb

Pengantar

Hai bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya teman-teman. Baik kali ini kita akan sedikit membahas tentang membuat tracing vespa vintage di Adobe Illustrator, jadi teman-teman jangan bacanya sampe lompat-lompat ya..

Mata pelajaran Animasi 2D dan 3D ada dikelas XI jurusan Multimedia, jadi ayo kita belajar barang-barang ya teman-teman, artikel ini yang membuat vektor semangka adalah siswa SMK Kapin Jakarta yaitu "Fatah Ismail", jadi simak tulisan dan praktekan dengan ditemanin laptop.

Gambar 1 Tracing Vespa

Langsung saja kita praktek, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Buka adobe illustrator dulu, lalu buatlah canvas baru dengan ctrl + N. Ukurannya bebas, tapi disini saya menggunakan 500 x 500 mm.

Gambar 2 ukuran dokumen

 2. Setelah itu, drag & drop foto vespa yang telah di download, lalu sesuaikan ukurannya dengan menyeret salah satu sudutnya sembari menekan shift.

Gambar 3 Masukan gambar yg mau di trancing

 3. Lalu pilih pen tool (P), kosongkan fill nya, stroke nya pilih warna hitam. Ketebalannya 10 pt. Untuk strokenya pilih bentuk yang oval seperti di bawah.

Gambar 4 pilih pen tool

 4. Lalu sehabis itu mari mulai membuat garis dari body utamanya terlebih dahulu. Oh ya, kalian bias mengurngi dahulu opacity gambar vespanya.

Gambar 5 Mulai proses trancing

 5. Klik menu layer pada sisi kanan. Lalu klik yang dilingkari. Pindahkan yang atas kebawah lalu rename seperti ini untuk membedakannya.

Gambar 6 rename layer

 6. Sehabis itu pisahkan linenya dengan mengklik gambar vespanya lalu tekan control + x, lalu masukknan dengan klik layer gambar lalu ctrl + shift + V.

Gambar 7 Pisahkan layer yg tracing dengan gambar asli

7. Lanjut buat bentuk bagian depannya. Untuk bagian spakbor, kita buat lingkaran sempurna dulu sambil menekan shift lalu sesuaikan dengan bentuk atas spakbor. Lalu buat garis melintang untuk bagian bawah spakbor, lalu buang keluar lingkaran bentuknya.

Gambar 8 Membuat spakbor motor

8. Select keduanya dengan shift. Cari menu pathfinder di windows (atas) lalu pilih minus front. Hasilnya seperti dikanan.

 

9. Dibagian antara spakbor dan body ada yang mengganjal, select keduanya lalu pilih shape builder tool (shift + m). Lalu potong.

Gambar 11 Select garis

 10. Sekarang kita membuat lampu bagian belakangnya.

Gambar 12 Membuat garis belakang motor

 11. Lanjut membuat bagian jok dan bagian bawahnya.

Gambar 13 Membuat bagian jok

 12. Kita buat rodanya, pertama buat lingkaran dengan ellipse tool sambil tekan shift, paskan. Tekan ctrl + c lalu ctrl + shift + v untuk duplikat, lalu kecilkan ke tengah sambil menekan shift + alt untuk membuat bentuk velgnya. Cara yang sama dengan bagian dalam. Lalu group ketiganya. 

Gambar 14 Membuat roda motor vespa

13. Untuk menduplikatnya kebelakang, seret ke kanan lalu tekan alt + shift, lalu lepas. Jangan lupa disesuaikan.

Gambar 15 Duplikat gambar ban

 14. Buat bentuk tabung bagian setang, lalu gunakan shape builder tool untuk menghilangkan garis didalamnya seperti ini.

Gambar 16 Membuat stang motor

 15. Buat garis reflector lampunya.

Gambar 17 Garis reflector

16. Sekarang warnai bodynya. Tekan shape bodynya lalu ctrl + c, lalu ctrl + B. Tekan swap fill & stroke (yang dilingkari) lalu ambil warna dari palette dengan eyedropper. Lakukan yang sama dengan bagian lainnya.

Gambar 18 Mewarnai motor vespa

17. Ungroup bagian ban. Warnai bannya sama dengan cara yang tadi, tapi bagian tengahnya diberi warna putih.

Gambar 19 Mewarnai ban vespa

 18. Select lingkaran dalamnya, pilih menu stroke diatas, lalu aktifkan dashed lines. Atur sesuai selera. Lalu tambahkan lingkaran kecil lagi ditengah. Lakukan hal yang sama pada ban belakang.

Gambar 20 Membuat garis-garis pada ban vespa

19. Select semua bagian, Group. Lalu klik kanan pada kedua ban, pilih arrange, send to back agar ban pindah ke belakang.

Gambar 21 Duplikat yang sama

20. Langkah selanjutnya adalah mengubah semua line nya menjadi warna biru. Yaitu dengan select linenya lalu ubah stroke color di sebelah kiri.

Gambar 22 Merubah warna line pada gambar

 21. Buatlah aksen garis garis pada vespa supaya memperindah penampilannya.

Gambar 23 Membuat motif garis-garis pada jok motor vespa

22. Mari kita buat highlight dan shadow, caranya ambil satu bagian warna pada part vespa. Keluarkan, duplikat, geser sedikit, lalu potong dengan minus front. Ubah ke warna putih, kurangi opacitynya, lalu tempelkan kembali.

Gambar 24 Membuat warna pada jok
Gambar 25 Sedikit lagi

Lakukan dengan part vespa yang lain. Jika ingin membuat shadow, warnai saja part potongannya atau buat shape baru dengan warna gelap lalu kurangi opacitynya.

Gambar 26 Hasil akhir

Selamat, vespa yang kalian buat telah selesai. Kalian bias memperindahnya lagi dengan background atau yang lainnya. Sekian terimakasih.  --Fatah Ismail, XI MM--

Baik untuk sementara artikel tentang membuat vektor semangka sampai disini, nantikan artikel-artikel selanjutnya teman-teman. Terimakasih teman-teman sudah berkunjung diwebsite kami, jangan lupa untuk mengikuti media sosial kami yaitu :

Youtube : Alami Computer 

Website : www.alamicomputer.com

Instagram : Chaerullah Fadli

Referensi :

Video YouTube: Tutorial tracing vespa vintage di Adobe Illustrator

Posting Komentar
Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top