BAB I MEMETAKAN IDE

By Labels: at

Sampul

Gagasan atau ide untuk membangun aplikasi peng-inputan dta barang yang masuk gudang dengan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, mungkin dapat dirancang menggunakan penulisan struktur algoritme. Algoritme pemrograman cenderung bersifat teknis dan menjelaskan alur kerja, tetapi hanya dipahami oleh orang-orang yang mempunyai keahlian di bidang pemrograman dan matematika.

Berikut tahapan-tahapan mengali potensi ide dan menerjemahkannya ke dalam bentuk bagan secara visual.

  1. 1. Memvisualisasikan permasalahan yang dihapadi dan membayangkan solusi yang dapat ditempuh. Pada tahap ini, ide tersebut masih berada di angan-angan pikiran yang lebih sering dikenal dengan imajinasi. Contoh, mengapa bentuk roda mobil harus bulat? Bagaimana meningkatkan akselerasi sepada motor dengan memainkan peran jumlah gigi dalam roda gear? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan memicu otak untuk berpikir dan menghasilkan visualisasi dalam bentuk imajinasi.
  2. 2. Selanjutnya adalah secara sistematis melalui tahapan sebagai berikut :
      • a. Fokuskan pada beberapa ide atau gagasan berdasarkan knowledge dan skill. Lakukan beberapa pertimbangan untuk menentukan ide yang akan ditampilkan dan diimplementasikan. 
      • b. Tentukan bentuk rancangan desain dari ide tersebut, baik dalam bentuk tulisan atau menggunakan tool software tertentu. 

Teknik visualisasi dalam berpikir menggunakan peta minda pertama kali diperkenalkan oleh Tony Buzan sekitar tahun 1974. Pemetaan cara berpikir ini dapat ditulis secara manual menggunakan kertas atau dapat menggunakan beberapa jenis perangkat lunak, seperti FreeMind, XMind, MindMaple. Dengan mengeksplor setiap factor yang dapat memengaruhi ide yang dihasilkan dan divisualisasikan dalam bentuk peta akan sangat membantu dalam memahami alur pikiran. Terlebih lagi dengan tingkat komplektsitas yang tinggi. Manfaat dalam memetakan ide, yaitu sebagai berikut :

    • • Membuat resume dan ringakasan terhadap uraian gagasan yang tertian dalam lembaran buku.
    • • Menyinergikan kerja otak kanan dan kiri.
    • • Memudahkan siswa menginterpretasikan perancangan struktur organisasi, rencana kegiatan, dan alur cerita.
    • • Memudahkan untuk meningat hal-hal pentin dalam perencanaan.
    • • Menghemat waktu.
    • • Memudahkan dalam mengulang ringkasan uraian yang telah dibuat.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan ketika memetakan ide :

    • 1. Menentukan tema utama yang dijadikan subjek atau judul pengembangan peta.
    • 2. Identifikasi setiap cabang-cabang yang mungkin ada dalam tema tersebut, seperti kegiatan yang mungkin dilakukan dan substruktur organisasi yang dapat dibuat dan lainnya.
    • 3. Dari subtema tersebut dapat dikembangkan lagi dengan sub-sub item yang mungkin muncul sehingga lebih lengkap dan detail.

 

Untuk memetakan jenis struktur perulangan yang dapat diterapkan pada pemrograman Pascal dengan peta minda menggunakan software MindMapple adalah sebagai berikut :

  • 1. Pastikan computer Anda menggunakan system operasi berbasis windows.
  • 2. Download aplikasi MindMaple pada URL : https://www.mindmaple.com/ atau klik disini

    Gambar 1

  • 3. Instal aplikasi tersebut dan jalankan. 
  • 4. Klik menu File-New. Pilih MindMaple sebagai tema Map. Klik Create di bagian kanan layar untuk memulai Map.

    Gambar 2

  • 5. Ubah caption topic utama menjadi “Jenis Struktur Perulangan” dengan double klik Topic Button

    Gambar 3

  • 6. Untuk menambahkan subtopik, Anda dapat menekan spasi atau mengklik submenu Subtopic.

    Gambar 4

  • 7. Buat Subtopik yang terdiri atas perulangan for…dp, while…do, do…while, dan repeat…until seperti gambar berikut.

    Gambar 5


Ringkasan dari buku Simulasi dan Komunikasi Digital Karya Andi Novianto, Penerbit Erlangga

KEMBALI KE DAFTAR ISI KLIK DISINI 

Website : www.alamicomputer.com

YouTube : Alami Computer

Facebook : Alami Computer

Twitter : ch_fadli

Instagram : chaerullah.fadli
Posting Komentar
Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top