Memilih Warna

By Labels: at
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Baik teman-teman blogger tercinta kali ini saya akan membahas tentang memilih warna dan pembahasan ini masih ada sangkut pautnya dengan pembahasan kita sebelumnya yaitu Warna dalam Photoshop. Baik kita tanpa panjang kala mari simak :


  • Klik kotak foreground  color atau background color pada toolbar maka kotak dialog Color Picker akan tampil.

Gambar 1
Gambar 2
  • Pilih spektrum warna dengan menggeser color slider ke atas atau kebawah menuju warna yang dituju.
  • Barulah kemudain pilih tingkat kecerahan warna menggunakan pointer yang terdapat dalam color field. Perhatikan bahwa perubahan warna yang terjadi pada color slider dan color field juga mengubah kode warna yang ada. 
  • Bila kamu seorang ahli kode warna, dapat langsung memasukkan kode warna pada kotak isian yang ada, termasuk kotak isian RBG untuk kode warna yang biasa digunakan pada desain web. Klik OK bila telah selesai. 
  • Cara lain untuk memilih warna adalah melalui panel Swatches, yang bisa ditampilkan melalui menu Window>Swatches atau klik icon panelnya pada dock. 
Gambar 3

  • Klik pada salah satu kotak warna untuk memilihnya sebagai warna foreground. Sedangkan untuk memilih warna background, pilih warna sambil menahan Ctrl pada keyboard.
Baik sekian saja yang saya bisa shared untuk teman-teman blog tercinta. Semoga teman-teman blog tercinta tidak bosan-bosan untuk terus belajar dan membagikan ilmunya. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya. 
Wallahul Muwaffiq Ilaa Aqwamit Thorieq
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

CATATAN : 

Sebelum berlanjut ke penggunaan tool-tool yang berhubungan dengan warna, ada baiknya mengetahui tentang mode warna. Dalam photoshop, mode warna sebuah dokumen ditentukan ketika membuat dokumen baru atau menu Image>Mode.

Masing-masing mode warna memiliki kegunaan tersendiri, dan juga membatasi jumlah warna yang dapat diolah. Berikut adalah sedikit ulasan mengenal mode-mode warna sering digunakan.

RBG adalah mode warna yang umum digunakan untuk keperluan web atau cetak foto. Mode warna ini memiliki warna yang kontra karena tersusun atas 3 warna utama, yaitu Red, Green, dan Blue. 

CMYK digunakan bila dokumen adalah sebuah desain yang membutuhkan proses cetak. CMYK merupakan singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow dan blacK.

Grayscale adalah mode warna yang membatasi range warna dari hitam yang paling pekat hingga putih yang paling terang.

Posting Komentar
Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top