Memori RAM

By Labels: at
Memori adalah media penyimpan data yang terdapat pada sebuah komputer. Kapasitas memori sebuah komputer dapat mempengaruhi kecepatan kerja komputer tersebut. Memori utama terdiri dari komponen-komponen berikut ini :
  •  ROM (Read Only Memory)
 Rom adalah memori yang data programnya hanya bisa dibaca. Pada komputer, ROM biasanya disebut dengan basic input output system (BIOS). 
  • RAM (Random Access Memory)
Ram adalah memori yang hanya dapat digunakan pada saat komputer dalam keadaan hidup.Ram memiliki beberapa jenis sebagai berikut:
  • RAM FPM
 FPM RAM . Muncul pada tahun 1987,RAM jenis FPM (Fast Page Mode) merupakan RAM paling kerap digunakan dalam system komputer pada masa itu,FPM bekerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan access time sekitar 50ns.selain itu FPM mampu mengolah transfer data (bandwith) sebesar 188,71MB/detik, FPM juga dikenali sebagai DRAM (Dynamic Random Access Memory) saja,FPM menggunakan modul memori SIMM 30 pin & SIMM 72 pin.
  • EDORAM 

EDORAM Muncul pada tahun 1995,Extended Data Output Dynamic Random Access Memory yang merupakan penyempurnaan dari FPM. EDORAM mempunyai access time sekitar 70ns hingga 50ns & bekerja pada frekuensi 33MHz hingga 75MHz.
  •  SDRAM (Synchronous DRAM)
Muncul pada peralihan 1996-1997 SDRAM memiliki 168 pin, SDRAM merupakan pengatur (synchronizes) memori atau CPU clock yang berfungsi untuk melakukan pemindahan data yang lebih cepat. SDRAM tersedia dalam 2 kemasan dengan 2 kecepatan yang berbeda, yaitu 100 MHz (PC-100) dan 133 MHz (PC-133).
  • RDRAM
RDRAM muncul pada tahun 199, yang menggunakan modul RIMM, transfer data secara serial pada data bus 16-bit, dengan kecepatan 16GB/det.
  •  DDR (Double Data Rate)
Muculnya pada tahun 2000, ciri-ciri DDR sama dengan SDRAM, tetapi kecepatanya dalam memindahkan data (data transfer) mendekati kecepatan sistem clock. DDR memiliki 184 pin dan tersedia dalam tiga pilihan kecepatan, yaitu 266MHz, 333MHz, dan 400MHz.
  •  DDR2
Munculnya pada tahun 2004, DDR2 (double data rate 2 synchronous dynamic random access) adalah teknologi RAM yang digunakan sebagai media penyimpanan data dengan kecepatan tinggi pada komputer atau alat elektronik yang lain. Keunggulan utama dari DDR2 kemampuannya untuk mengoperasikan data bus eksternal dua kali lebih cepat dari pada DDR. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan bus signaling dan mengoperasikan sel-sel memori setengah clock rate (seperempat data transfer rate).
  •  DDR3
 
Munculnya pada tahun 2007, keunggulan DDR3 yaitu kemampuannya untuk melakukan transfer data I/0 sebanyak delapan kali rate sel-sel memori, sehingga dapat memproses data lebih cepat dibandingkan dengan processor pendahulunya. Kapasitas chip standar DDR3 sebesar 512MB s.d 8 GB.

Posting Komentar
Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top