MENGENAL KOMPONEN PC (Personal Computer) Part II

By Labels: at
CC. Intel Core i7|
Gambar 1 Intel Core i7
 Core i7 sendiri adalah processor pertama dengan teknologi “Nehalem”. Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCHI langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner.|
D. Memori
Gambar 2 RAM
 Memori adalah media penyimpan data yang terdapat pada sebuah komputer. Kapasitas memori sebuah komputer dapat mempengaruhi kecepatan kerja komputer tersebut. Memori utama terdiri dari komponen-komponen berikut ini :
  • ROM (Read Only Memory) 
 Rom adalah memori yang data programnya hanya bisa dibaca. Pada komputer, ROM biasanya disebut dengan basic input output system (BIOS). 
  •  RAM (Random Access Memory)
Gambar 3 RAM
Ram adalah memori yang hanya dapat digunakan pada saat komputer dalam keadaan hidup.Ram memiliki beberapa jenis sebagai berikut:
  • RAM FPM
Gambar 4 FPM
FPM RAM . Muncul pada tahun 1987,RAM jenis FPM (Fast Page Mode) merupakan RAM paling kerap digunakan dalam system komputer pada masa itu,FPM bekerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan access time sekitar 50ns.selain itu FPM mampu mengolah transfer data (bandwith) sebesar 188,71MB/detik, FPM juga dikenali sebagai DRAM (Dynamic Random Access Memory) saja,FPM menggunakan modul memori SIMM 30 pin & SIMM 72 pin.
  • EDORAM
 
Gambar 5 EDO RAM
EDORAM Muncul pada tahun 1995,Extended Data Output Dynamic Random Access Memory yang merupakan penyempurnaan dari FPM. EDORAM mempunyai access time sekitar 70ns hingga 50ns & bekerja pada frekuensi 33MHz hingga 75MHz.
  •  SDRAM (Synchronous DRAM)
Gambar 6 SD RAM
 Muncul pada peralihan 1996-1997 SDRAM memiliki 168 pin, SDRAM merupakan pengatur (synchronizes) memori atau CPU clock yang berfungsi untuk melakukan pemindahan data yang lebih cepat. SDRAM tersedia dalam 2 kemasan dengan 2 kecepatan yang berbeda, yaitu 100 MHz (PC-100) dan 133 MHz (PC-133).
  • RDRAM
Gambar 7 RD RAM
 RDRAM muncul pada tahun 199, yang menggunakan modul RIMM, transfer data secara serial pada data bus 16-bit, dengan kecepatan 16GB/det.
  • DDR (Double Data Rate)
Gambar 8 DDR 1
Muculnya pada tahun 2000, ciri-ciri DDR sama dengan SDRAM, tetapi kecepatanya dalam memindahkan data (data transfer) mendekati kecepatan sistem clock. DDR memiliki 184 pin dan tersedia dalam tiga pilihan kecepatan, yaitu 266MHz, 333MHz, dan 400MHz.
  • DDR2
Gambar 9 DDR 2
Munculnya pada tahun 2004, DDR2 (double data rate 2 synchronous dynamic random access) adalah teknologi RAM yang digunakan sebagai media penyimpanan data dengan kecepatan tinggi pada komputer atau alat elektronik yang lain. Keunggulan utama dari DDR2 kemampuannya untuk mengoperasikan data bus eksternal dua kali lebih cepat dari pada DDR. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan bus signaling dan mengoperasikan sel-sel memori setengah clock rate (seperempat data transfer rate).
  • DDR3
Gambar 10 DDR 3

Munculnya pada tahun 2007, keunggulan DDR3 yaitu kemampuannya untuk melakukan transfer data I/0 sebanyak delapan kali rate sel-sel memori, sehingga dapat memproses data lebih cepat dibandingkan dengan processor pendahulunya. Kapasitas chip standar DDR3 sebesar 512MB s.d 8 GB.

  • SIM (Single In-Line Memory Module)
 
Gambar 11 SIM

Artinya modu/chip memori ditempel di salah 1 sisi sirkuit PCB, memori ini hanya mempunyai jumlah kaki (pin) sebanyak 30 & 72 buah.

E. Harddisk
Gambar 12 Harddisk

Harddisk merupakan media penyimpanan data dengan  kapasitas memori yang besar. Biasanya harddisk digunakan untuk menyimpan  sistem operasi. Kecepatan harddisk ditentukan oleh kecepatan putaran piringan penyimpanan data harddisk, yang biasanya disebut dengan rpm (rotation per minute), semakin besar rpm sebuah harddisk, semakin cepat harddisk bisa melakukan penyimpanan dan pembacaan data.
Berdasarkan tipe  harddisk dibedakan menjadi 3 macam :
  1.  Interface  koneksi yaitu tipe IDE / ATA banyak digunakan pada komputer
  2. Tipe  SCSI banyak ditemui pada komputer server 
  3. SSD (Solid State Driver) hardisk teknologi baru menggunakan nand flash bkn piringan seperti HDD biasa 
F. Flopy Drive
 
Gambar 13 Flopy Drive
Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Cakram liuk "dibaca" dan "ditulis" menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.

G. Optical Drive
Gambar 14 Optical Drive
Optical drive merupakan perangkat keras penyimpanan data dengan media penyimpanan berupa keping CD/DVD dan menggunakan teknologi optik. Teknologi optik yang digunakan pada media ini adalah laser yang digunakan untuk menulis dan mengambil data. CDROM menggunakan media penyimpanan berupa compact disc (CD) yang memiliki kapasitas memori sebesar 700 MB, sedangkan DVDROM menggunakan berupa digital video disc (DVD) dengan kapasitas memori sebesar 4,7 GB. Bahkan jenis DVD double layer memiliki kapasitas memori hingga 8 GB. Pada umumnya, sebuah perangkat DVDROM juga digunakan untuk membaca CD.

 H. Power Suppy

Gambar 15
Gambar 16




Gambar 17
Power supply berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplainya ke komponen-komponen hardware yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard. Power supplay terdiri dari dua model, yaitu model AT dan ATX.
  1. PSU AT ( Power Supply Unit Advanced Technologi) yaitu PSU jenis ini hanya mempunyai 12 pin, kabel Power langsung ke casing depan, jadi jika kita mematikan melalui tombol power di depan, arus listrik langsung terputus, tidak ada aliran listrik sama sekali.
  2. PSU ATX (Power Supply Unit Advanced Extended) yaitu PSU dalam jenis ini ada yang 20 pin dan 24 pin, dimana dalam PSU jenis ini kabel lebih di tekankan pada kabel kuning (12V) karena semakin tinggi spesifikasi PC semakin tinggi juga kebutuhan dayanya.
I. Heatsink dan Kipas Prosessor
Gambar 18 Heatsink

Heatsink dan kipas merupakan perangkat yang berperan penting dalam menjaga suhu prosessor. Suhu merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kerja komputer secara keseluruhan. Heatsink dan kipas proses biasanya didapatkan pada saat membeli sebuah prosessor, namun jika heatsink dan kipas prosessor masih belum dapat mendinginkan proses dengan optimal, perlu dilakukan penggantian dengan heatsink dan kipas prosessor yang lebih baik, agar prosessor dapat digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.


J.VGA Card
VGA Card adalah salah satu kartu yang terpasang pada slot ekpansi. Kartu ini berfungsi untuk menampilkan data ke layar (monitor). Pada awal perkembangan teknologi komputer, pekerjaan grafis sepenuhnya dibebankan kepada prosessor. VGA Card harus dipasangkan pada motherboard sesuai dengan slot yang tersedia pada motherboard tersebut.
Beberapa tipe VGA Card sebagai berikut :
  • VGA AGP
VGA AGP merupakan salah satu tipe VGA yang memiliki slot khusus pada motherboard. Biasanya slot AGP berwarna coklat, sehingga VGA card yang kita miliki harus dipasang pada slot itu. Tipe AGP juga harus disesuaikan dengan tipe VGA card yang digunakan (2x, 4x atau 8x). Pemasangan VGA Card pada slot-nya harus dilakukan dengan benar, karena kesalahan dalam hal ini dapat mengakibatkan terbakarnya mohterboard
Gambar 19 VGA AGP
  • VGA PCI Express
PCI Express atau dikenal juga sebagai PCIe adalah perangkat yang diluncurkan Intel. PCI Express didesain untuk menggantikan peran bus PCI local, bus PCI-X high end dan interface VGA card AGP. Tidak seperti interface PC yang lain, PCIe tersusun dalam point to point. Keunggulan VGA PCIe sebagai berikut :
  1. Memiliki kecepatan transmisi data yang lebih baik.
  2. Memiliki tingkat tampilan grafis yang lebih baik.
  3. Memiliki kapasitas memori yang lebih besar.
Gambar 20 VGA PCI Express
K. Sound Card
Gambar 21 Sound Card
Sound Card PCI adalah sound card yang dipasang pada slot PCI motherboard. Sound Card PCI tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas suara yang dihasilkan. Jika hanya digunakan untuk keperluan standar, seperti mendengarkan musik, sound card tipe ini terlalu mahal. Namun jika Anda termasuk orang yang bekerja dibidang rekam sound card ini merupakan perangkat yang dapat diandalkan.

L. Lan Card
Gambar 22 Lan Card


Lan Area Network  (LAN) card merupakan yang digunakan untuk menghubungkan komputer pada sebuah jaringan. Dengan teknologi ini, seseorang dapat mengakses informasi pada komputer lain yang terhubung dalam suatu jaringan lokal. Hal ini memudahkan dan membuat pekerjaan lebih efektif, karena transfer data dapat dilakukan dengan mudah tanpa membutuhkan media penyimpanan data eksternal, seperti CD atau flash disk.
Pada motherboard keluaran lama, LAN card harus dibeli secara terpisah dan dipasang pada slot PCI. Namun pada motherbord tipe baru, LAN card telah terpasang secara onboard

M. Modem Internal
Gambar 23 Modem Internal
Modem internal atau yang biasanya disebut dengan hubungan langsung adalah modem yang digunakan sebagai media koneksi internet menggunakan kabel telepon. Koneksi jenis ini menggunakan modem internal (dipasang langsung pada motherboard).
N. Monitor


Monitor adalah piranti komputer yang digunakan sebagai tampilan yang menunjukan hasil kerja sebuah komputer. Monitor merupakan sebuah layar yang memiliki ukuran seperti televisi, yang diukur berdasarkan panjang diagonal layarnya. Ketajaman sebuah monitor dapat diukur dari tingkat resolusinya.
Beberapa tipe monitor sebagai berikut :
  • Monitor CRT
Gambar 24 Monitor bagian belakang
Gambar 25 Monitor bagian depan

Monitor CRT (Cathode ray tube / tabung sinar katoda) adalah monitor yang terbuat dari tabung hampa, sama halnya dengan monitor televisi. Monitor  CRT memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan monitor  LCD. Monitor CRT banyak digunakan pada komputer-komputer generasi awal. Monitor CRT ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun.
  • Monitor LCD
Gambar 26 Monitor LCD

Monitor LCD (Liquid crytal display atau krital cair) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampilan utama. LCD dapat menampilkan gambar lebih baik dari pada monitor CRT, dengan tingkat resolusi yang tinggi. LCD memiliki desain yang tipis dan ringan, tetapi harganya jauh lebih mahal dibanding dengan monitor CRT. LCD sangat rawan mengalami kerusakan, sehingga haurs digunakan dengan hati-hati dan dirawat dengan baik.
  • Monitor LED

Monitor LED (Light Emitting Diode) memiliki teknologi yang sama dengan LCD dengan pengembangan lebih lanjut dari LCD yang memiliki efek display peningkatkan pada warna yang ditampilkan yaitu lebih banyak variasi warnanya. Perbedaan secara fisik pada LED komputer umumnya terletak pada bentuknya yang lebih ramping/ tipis. Pada beberapa tipe LED memiliki fungsi dan fitur yang lebih lengkap dibandingkan LCD, seperti kemampuan digital touch screen, Digital TV internet, Digital TV tuner. Sedangkan perbedaan secara umum antara LED dan LCD hanya terletak pada sistem pencahayaannya yang menggunakan teknologi LED backlight. Berbeda dengan LCD yang menggunakan CCFL Backlight (Cold Cathode Fluorescent Lamp) dalam bahasa Indonesian “lampu neon berjenis fluorescent”, monitor LED mampu menghemat konsumsi listrik hingga 50-70% dibandingkan dengan LCD dengan kemampuan menghasilkan gambar yang sangat tajam.
Gambar 27 Monitor LED
  • Monitor Plasma

Monitor plasma adalah layar datar emisif yang cahaya tampilannya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah  pelepasan muatan plasma. Sedangkan gas yang dilepaskan tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD; sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon). Teknologi TV Plasma menggunakan crystal Plasma sebagai penghasil gambar sehingga cukup menguras konsumsi listrik. Keunggulan TV Plasma adalah kemampuan untuk menghasilkan kontras warna dan gambar yang sangat detil dan tajam. Selain TV Plasma masih terdapat TV yang menggunakan teknologi 3D yang memerlukan kacamata khusus untuk menikmati gambarnya. Penjelasan mengenai TV 3D ini akan ditulis
Gambar 28 Monitor Plasma
O. Mouse

Mouse merupakan hardware termasuk dalam unit input. Mouse juga berfungsi untuk memasukan data ke dalam komputer dan berbentuk seekor tikus. Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart dari bahan kayu dan memiliki 1 tombol.
Beberapa tipe mouse sebagai berikut :
  • Mouse Track Ball
Gambar 29 Mouse Track Ball











  • Mouse Optick
Gambar 30 Mouse Optick











  • Mouse Wireless
Gambar 31 Mouse Wireless












Daftar Pustaka :

*      Buku      :

o   Sutomno, 2010, Perangkat Keras Komputer dan Tools Pendukungnya, Bandung.

o   Yani, Ahmad, 2004, Panduan Menjadi Teknisi Komputer, Kawan Pustaka.

o   Slide TROUBLESHOOTING Pertemuan 1 dan 2.

*      Website  :
o   Casing
https://cbmcase.wordpress.com/definisi-casing-komputer/
http://www.terwujud.com/2014/06/pengertian-dan-fungsi-casing-komputer.html
http://nasirjordan.blogspot.com/2014/09/pengertian-casing-dan-jenis-jenis-casing.html
o   Power Supply
http://penuh-semangat.blogspot.com/2011/09/penjelasan-tentang-power-supplyfungsi.html
http://komponenelektronika.biz/pengertian-power-supply.html
o   Mohterboard
http://www.intel.co.id/content/www/id/id/processors/core/core-i3-processor.html
http://www.intel.co.id/content/www/id/id/processors/core/core-i5-processor.html
http://geghans.blogspot.com/2010/04/ini-dia-perbedaan-processor-intel-core.html
o   Monitor LED
http://zzs-inside.blogspot.com/2012/10/pengertian-monitor-lcd-led-crt-plasma.html
http://santekno.blogspot.com/2012/11/pengertian-monitor-crt-lcd-led-dan.html
   https://agiljatnika.wordpress.com/2013/09/11/pengertian-dan-perbedaan-crt-lcd-led-dan
                 plasma/
Posting Komentar
Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top