BAB I PENGEMBANGAN IDE

By Labels: at

PENDAHULUAN

Gambar 1 Idea
 

Lahirnya semua ide atau gagasan merupakan langakah awal menyelesaikan sebuah pekerjaan. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu hal yang dapat mempercepat proses panen padi di swah sehingga meminimalkan penggunaan tenaga manusia. Selain itu, manfaatnya dapat menghemat biaya produksi yang dikeluarkan. Ide yang dapat digagas antara lain membuat mesin traktor yang khusus memanen padi dengan memotong batangnya hingga menggilingnya menjadi butiran padi yang siap dijemur.

Dalam dunia teknologi informasi, ide atau gagasan biasanya dituangkan dalam bentuk map atau flowchard yang merepresentasikan logika. Setelah logika terbentuk, gagasn tersebut dapat diimplementasikan menjadi sebuah aplikasi seperti animasi atau game yang sebagian besar dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

KONSEP IDE DALAM SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL

Ide memilki arti imajinasi atau rancangan solusi terhdapat masalah yang dihadapi sebagai hasil pemikiran baik yang bersifat spontan atau melalui proses pemikiran yang lama. Kemampuan melahirkan ide yang tidak  dimiliki oleh setiap orang karena tingkat kecerdasa, intuisi, dan daya analisis permasalahan akan berbeda-beda.

Ide atau gagasn yang dihasilkan dari proses berpikir secara panjang dan matang tentunya memiliki beberapa faktor dan banyak pertimbangan. Selain itu, hasil yang diberikan dari ide tersebut akan memengaruhi implementasi dalam lapangan. Dalam penerapannya, sebuah ide atau gagasan sebaiknya membeikan beberapa manfaat seperti berikut :

 

  •  ● Membantu memecahkan masalah
  •  ● Memberikan kontribusi positif bagi diri sendiri dan orang lain.
  •  ● Tidak melawan aturan ketentuan hukum, norma agama, sosial, dan masyarakat.
  •  ● Mampu memberikan wacana pembaruan ilmu pengetahuan dan menambah keterampilan
  •  ● Memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang sama

 

Simulasi dapat dikatakan sebagai metode percobaan atau eksperimen untuk memecahkan masalah dengan meniru kondisi nyata melalui media pendukung sperti autio, video, gambar, dan perangkat mekanik maupun computing untuk mendeskripsikan keadaan sebenarnya.

Komunikasi mempunyai pengertian tentang proses pengiriman dan penerimaan data informasi antara dua atau lebih pengguna melalui media transmisi tertentu. Digital sebenarnya mengadopsi kata digital dari bahasa Yunani yang berarti perhitungan menggunakan jari tangan berjumlah sepuluh. Kebalikan digital adalah analog yaitu representasi sinyal dalam bentuk gelombang sinusoid secara kontinu dengan tiga variabel, yaitu amplitudo, frekuensi, dan phase. Jadi Simulasi dan komunikasi digital adalah cara membuat komunikasi antarpengguna dengan pekerjaan keseharian menjadi lebih mudah menggunakan perangkat digital dalam bentuk simulasi.   

Ringkasan dari buku Simulasi dan Komunikasi Digital Karya Andi Novianto, Penerbit Erlangga

3 komentar:

Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top