Menulis Teks

By Labels: at

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Baik teman-teman blogger selamat datang di blog saya, kali ini saya akan bahas kegunaan tool panel pada photoshop CS5 yaitu Horizontal Type Tool. Horizontal Type Tool yang saya pelajari dari buku Photoshop CS5 untuk Orang Awam terbitkan Maxicom karangan Jayan, Horizontal Type Tool adalah tool panel yang digunakan untuk menulis teks pada photoshop, teks yang dibuat dalam photoshop dibagi atas dua macam, yaitu Point Type dan Paragrap Type.
Point Type : Klik satu kali pada dokumen untuk mulai membuat point text. Semakin panjang tulisan, maka teks akan terus memanjang bahkan hingga keluar dari lebar dokumen. Mode, ini cocok untuk penulisan teks yang tidak terlalu panjang, misalnya label 1 kata atau 1 baris kalimat saja.

Paragraph Type : Gunakan mode ini bila teks yang akan ditulis cukup panjang. Dalam mode ini, teks ditempatkan dalam kotak teks dan baris teks akan turun otomatis jika terlalu panjang.
Baik kita langsung praktek cara menggunakan Horizontal Type Tool :
  • Dari dalam photoshop, buka file gambar model.jpg. Selanjutnya aktifkan Horizontal Type tool, dari toolbar.
  • Sebelum mulai menuliskan teks, pilih jenis font, ukuran warna dan style-nya memulai option bar. Ikuti setting yang terlihat pada gambar.
Gambar 1
Gambar 2
  • Klik pada dokumen untuk meletakkan kursor teks, lalu mulailah mengetikkan kata atau kalimat yang dimaksud. Teks yang dibuat dengan cara ini disebut sebagai point text.
Gambar 3
  • Untuk menyudahi penulisan, klik tombol commit pada option bar atau Kita tekan saja Ctrl+Enter. Perhatikan bahwa dalam panel layer terpadat 1 layer baru, yaitu layer teks.
  • Untuk mengedit teks, pastikan layer teks aktif. Gunakan kembali Type tool dan klik teks yang dimaksud. Tekan Ctrl+Enter untuk menyudahi proses editing atau tekan Esc untuk membatalkan.
Gambar 4
  • Buat kotak dengan cara klik dan drag pada dokumen. Kotak teks ini disebut juga sebagai tekt area, semakin besar maka semakin banyak teks yang ditampung.
  • Selanjutnya ketikkan baris kalimat yang diinginkan ke dalam text area tersebut. Setelah selesai, tekan Ctrl+Enter. Teks yang dibuat dengan cara ini disebut dengan Paragraph tekt.
Gambar 5
  • Kita dapat mengubah lebar text area dengan cara mengklik kembali menggunakan Horizontal Type tool. Tarik control point yang tampil untuk mengubah ukuran text area.
  • Sedangkan untuk mengatur ulang posisi dan ukuran teks dengan bebas, aktifkan Move tool dan gunakan perintah Edit>Free Transform atau Ctrl+T.
  • Sekarang beralih ke contoh lain, buat sebuah path bergelombang menggunakan Pen tool dengan opsi paths aktif.
Gambar 6
  • Aktifkan Horizontal Type tool dan posisikan dekat garis path yang baru saja dibuat. Klik path ketika bentuk pointer  berubah, lalu mulailah mengetikkan teks. Secara otomatis, alur teks akan mengikuti bentuk path yang melengkung.
Gambar 7
  • Sudahi penulisan teks dengan menekan Ctrl+Enter.
  • Untuk mengatur setting karakter dan paragraf, photoshop telah menyediakan dua buah panel yaitu panel Character dan Paragraphi. kedua panel ini dapat dipanggil melalui menu Window.
Gambar 8
Baik sekian saja yang saya bisa shared untuk teman-teman blog tercinta. Semoga teman-teman blog tercinta tidak bosan-bosan untuk terus belajar dan membagikan ilmunya. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.
Wallahul Muwaffiq Ilaa Aqwamit Thorieq
Wassalamu’alaikum Wr.Wb  
Posting Komentar
Berkomentar dengan baik dan benar

Back to Top